Jam Buka dan Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja, Serunya Berwisata Sambil Belajar Kisah Pewayangan

Jam Buka dan Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja  – Memang ada banyak sekali cara untuk menelusuri sejarah perjalanan dari suatu bangsa, dan cara yang paling mudah ialah berkunjung ke museum, karena disitulah tempat dimana berbagai peninggalan bersejarah di simpan.

Nah untuk kesempatan kali ini kita ingin mengajak kalian jalan-jalan menuju ke Museum Wayang Kekayon. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1990 oleh seorang dokter ahli jiwa bernama Prof. Dr. dr. KRT. Soedjono Prairohadikusumo.

Jam Buka dan Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja, Serunya Berwisata Sambil Belajar Kisah Pewayangan

Selain menjadi dokter ahli jiwa, rupanya ia juga menjadi seorang pemerhati dunia pewayangan dan bahkan ia sendiri juga memiliki koleksi wayang pribadi yang cukup lengkap. Dan ia pun berniat untuk memajangnya sebagai konsumsi umum, maka dari itu dibangunlah Museum Wayang Kekayon Jogja ini.

Didalam Museum Wayang ini, ada banyak sekali jenis wayang yang ditampilkan, mulai dari wayang jenis tertua, wayang purwa dengan desain sederhana, hingga wayang madya dari era majapahit dahulu.

Jam Buka dan Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja, Serunya Berwisata Sambil Belajar Kisah Pewayangan

Masih ada wayang lain seperti wayang Gedhohh yang mengisahkan lakon dari Dewi Candrakirana, Wayang Klithik yang mengisahkan Damarwulan dan Minajinggo, Wayang Dupara yang mengisahkan Diponegoro hingga Wayang Suluh yang mengisahkan Kemerdekaan Indonesia. Lebih dari itu, ada juga lho jenis Wayang Kancil yang mengisahkan dongeng anak-anak si Kancil yang Nakal itu di dalam Museum Wayang Kekayon Jogja ini.

Selain itu, didalam Museum Wayang Kekayon Jogja ini juga terdapat Wayang langka yang sifatnya koleksi khusus, seperti wayang Madura, Wayang Sadat, dan juga Wayang Golek Thengul yang kini mulai banyak di pentaskan diberbagai daerah.

Perkembangan dari tiap model wayang yang ada didalam Museum Wayang Kekayon Jogja ini banyak dipengaruhi oleh perkembangan sejarah bangsa dari masa ke masa. Maka dari itu kalian jangan heran sata masuk kedalam Museum yang memiliki luas 1.1 hektar tersebut akan menjumpai penggambaran dari berbagai tahapan masa di Indonesia.

Mulai dari masa purba pada sisi kiri depan museum, model gerbang dari Museum Wayang Kekayon Jogja ini berupa singa Borobudur sebagai pegaruh budaya Buhda pada abad 17. Lalu ada juga bangunan berbentuk Kartasaru yang menjadi gambaran sebagai kisah wayang di abad 18 sebagai pengaruh budaya Hindu.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Wayang Kekayon Jogja

Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja ini berada di Jl. Raya Yogya – Wonosari Km.7. Nah jika kalian tertarik untuk berkunjung, akan sangat mudah karena menemukannya karena letak Museum Wayang Kekayon Jogja berada di jalur utama Jalan Jogja Wonosari.

Dari pusat kota Jogja, kalian bisa menempuh waktu sekitar 20 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau jika kalian lebih memilih menggunakan bis jalur Jogja Wonosari, kalian akan dikenakan biasa sekitar 4 ribu – 6 ribu saja nantinya.

Baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Amazing Art World Bandung, Museum 3D Terbesar di Indonesia

Harga Tiket Masuk Museum Wayang Kekayon Jogja

Seperti halnya museum pada umumnya, sebelum kalian memasuki Museum Wayang Kekayon Jogja ini diharuskan membayar tiket terlebih dahulu ya gaes. Tenang saja, harga tiket masuk Museum Wayang cukup murah kok, yakni Rp 7000 untuk pelajar, dan Rp 10.000 untuk umum. Dan jika kalian membawa kamera dan ingin mengabadikan berbagai benda bersejarah didalam museum ini, maka kalian harus membayar biaya tambahan Rp 10.000 ya gaes.

Untuk jam buka Museum Wayang Kekayon  ini setiap hari Selasa – Minggu pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Sementara untuk hari Senin Museum Wayang Kekayon Jogja ini tutup. Jangan sampai lupa jadwal ya gaes kalau berkunjung ke sini. Buat kalian yang ingin mempelajari tentang kisah wewayangan di Indonesia, maka Museum Wayang Kekayon Jogja ini menjadi destinasi yang tepat untuk kalian kunjungi.

Jam Buka dan Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja, Serunya Berwisata Sambil Belajar Kisah Pewayangan | Hasts | 4.5