Jam Buka dan Lokasi Museum Malang Tempo Doeloe, Mengenang Kota Malang Zaman Dulu

Jam Buka dan Lokasi Museum Malang Tempo Doeloe – Tak hanya menyuguhkan keindahan alam yang sangat fantastis, ternyata Malang juga mempunyai wisata prasejarah yang dikemas semenarik mungkin. Ya, objek wisata yang kami maksud kali ini adalah Museum Malang Tempo Doeloe.

Meski museum tersebut belum sepopuler Museum Angkut namun rupanya nama museum tersebut sudah tidak asing lagi di telingan wisatawan, terlebih bagi mereka yang suka dengan sejarah kota-kota di Indonesia.

Jam Buka dan Lokasi Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Tempo Doeloe ini telah diresmikan oleh pemerintah Malang sejak tanggal 22 Oktober 2012 silam. Dibangunnya museum ini rupanya untuk memberitahu pada khalayak umum seseru apasih sejarah kota Malang itu? Dan ternyata dulunya Malang merupakan sebuah danau atau laut purba. Pastinya kalian tidak pernah menyangka hal itu bukan?

Membicarakan tentang Museum Malang Tempo Doeloe ternyata objek wisata ini sama sekali tidak terlihat menakutkan. Malahan museum ini nampak keren dan sangat nyentrik, bahkan terdapat banyak spot foto menarik di museum tersebut.

Jam Buka dan Lokasi Museum Malang Tempo Doeloe

Saat masuk ke area Museum, perhatian kalian langsung dimanjakan dengan beragam koleksi jaman dulu yang ditata rapi. Kurang lebih ada 20 ruangan dengan tema yang beragam. Selain mempamerkan benda-benda kuno nantinya kalian juga dimanjakan dengan pemutaran film tentang sejarah kota Malang di ruang kaleidoskop.

Berbeda dengan museum pada umumnya, ternyata Museum Malang Tempo Doeloe ini mempunyai keunikan dalam pembagian periode waktu yang disesuaikan dengan pengurutan sejarah kota Malang.

Yang pertama suasana di museum dibuat sebuat seperti zaman purbakala. Seperti yang diketahui jika zaman purba berlangsung kurang lebih 1,5 juta tahun yang lalu. Ada banyak benda dengan berbagai model dan bentuk. Benda-benda tersebut digunakan oleh manusia purba untuk bertahan hidup.

Bahkan di Museum Tempo Doeloe Malang ini kalian juga bisa menyaksikan  beragam bentuk fosil-fosil hewan purba. Kedua suasana semakin dibuat mendramatisir dengan adanya miniatur kerajaan yang dulunya pernah berjaya di kota Malang.

Sebut saja kerajaan Kediri, Singasari sampai kerajaan Kanjuruhan. Ketiga kerajaan tersebut rupanya menjadi pondasi penting yang berhasil ditemukan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun1716. Selain keris, ternyata di museum ini juga terdapat buku, prasasti sampai patung-patung terbuat dari lilin yang dibuat seolah-olah hidup. Setidaknya diruangan tersebut kalian bisa merasakan mengenai asal usul kota Malang.

Sementara bagi traveler sejati seperti kalian nih yang sudah penasaran banget dengan periode ke-3 kalian bisa melanjutkan perjalanan ke lantai 2. Setelah itu kalian juga bisa melanjutkan perjalanan ke jaman revolusi dimana pada kesempatan kali ini menceritakan saat bangsa Indonesia dijajah oleh para penjajah Jepang dan Belanda.

Baca juga : Lokasi dan Jalan Menuju Small World Purwokerto, Miniatur Dunia Ada di Sini

Harga Tiket Masuk Museum Malang Tempo Doeloe

Sebelum masuk ke area di museum kalian harus membeli tiket terlebih dahulu ya guys. Harga tiket masuk Museum Malang Tempo Doeloe cukup bersahabat yakni :

  • Pelajar : Rp. 10.000
  • Warga Malang : Rp. 15.000
  • Umum : Rp. 25.000

Untuk jam buka museum ini mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Lokasi Dan Rute Menuju Museum Malang Tempo Doeloe

Museum ini berada di lokasi Jl. Gajahmada atau berada di tepat belakang Balai Kota Malang. Untuk rute menuju Museum Malang ini kalian bisa meluncur ke pusat kota Malang atau Balai Kota Malang. Bagi kalian pedatang baru kalian bisa menggunakan jasa angutan kota warna biru yang beroperasi dari Terminal Arjosari dengan kode AL atau ADL.

Nah bagaimana sobat sepertinya wisata di Malang ini sangat menarik ya? selain berlibur kita juga bisa mendapat wawasan baru tentang sejarah kota Malang. Tertarik untuk mengunjunginya? Yuk, ajak keluarga berlibur ke Museum Malang Tempo Doeloe ini.

Jam Buka dan Lokasi Museum Malang Tempo Doeloe, Mengenang Kota Malang Zaman Dulu | Hasts | 4.5